Home » , » Lelang Proyek Jaringan Irigasi di Cirebon Jawa Barat

Lelang Proyek Jaringan Irigasi di Cirebon Jawa Barat

Bisnis.com - Kementerian Pekerjaan Umum membuka lelang proyek pembangunan jaringan irigasi daerah irigasi Leuwigoong, Cirebon Jawa Barat senilai Rp115,29 miliar.  

Dalam lelang tersebut, setidaknya ada 31 perusahaan yang telah mendaftarkan diri. Ke 31 perusahaan itu yaitu PT Jaya Konstruksi, PT Nindya Karya, Adhi Karya, Hutama Karya, PT Brantas Abipraya, PT Wijata Karya, Bangun Cipta Kontraktor, Bumi Karsa, dan PT SAC Nusantara.  

Kemudian, PT Kalapa Satangkal Sejahtera, CV Vissen, PT Ruuhak Phala Industri, Pt Sarang Teknis, Tri Ptri Damai, Duta Graha Indah, Basuki Rahmanta Putra, Sujainco, dan PT Adi Jaya Lima.  

Selanjutnya, Adiwira Nusa, Gunakarya Nusantara, Nugraha Adi Taruna, Lima Tujuh Tujuh, Dutakarya Dinametro, Karya Batam Mandiri Pekasa, Yusmara Grup, PT Pembangunan Perumahan, Leuwih Mentari, Karya Kita Putra Pertiwi, Karya Mandiri Surya Sejahtera dan PT Artha Envirotama.

Direktur Irigasi dan Sawah Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Imam S Nugroho Imam S Nugroho mengatakan paket pekerjaan itu, adalah paket lanjutan dari proyek yang sebelumnya.

Menurutnya, paket pekerjaan tahap ini, diharapkan bisa dilaksanakan mulai akhir 2012, untuk mengejar target operasional 2014 mendatang.   "Target berfungsinya waduk ini 2014 mendatang, sehingga kami berupaya untuk mempercepat proses konstruksinya," ujarnya di Jakarta Senin (08/10).  
Dia mengatakan pendanaan proyek ini berasal dari APBN murni, dan dialokasikan dalam empat tahun anggaran sejak 2011 lalu. Tujuan pembangunan dilakukan untuk distribusi air persawahan di lingkungan tersebut.

Sistem irigasi Leuwigoong merupakan salah satu sub project Participatory Irrigation Rehabilitation and Improvement Management Project (PIPRIMP) Dinas PSDA Jawa Barat.

Tujuan program PIRIMP adalah untuk meningkatkan produksi beras melalui rehabilitasi dan pengembangan jaringan irigasi yang ada serta peningkatan system operasi dan pemeliharaan di bagian barat Indonesia, sehingga berkontribusi dalam pencapaian kelangsungan ketahanan pangan nasional.

Sistem irigasi Leuwigoong terdiri dari bendung Copong dan jaringan interkoneksi. Bendung Copong terletak di Desa Nangewer , Kabupaten Garut.

Wilayah layanan DI Leuwi Goong terdiri dari 9 Kecamatan, yaitu Kecamatan  Karangpawitan, Wanaraja, Kecamatan Sukawening, Cibatu, Malangbong, Banyuresmi, Leuwigoong, Cibiuk, dan Kecamatan Garut Kota.

Jaringan irigasi Leuwigoong akan dibangun seluas 5.313 hektar. Adapun konstruksi yang dibangun yaitu satu buah bendungan, 162 bangunan air, saluran primer sepanjang 16,47 kilometer, saluran sekunder 26,14 kilometer, dam satu saluran muka sepanjang 3,10 kilometer.(msb)
Share this article :
 
© 2012. BPP AKBARINDO JAWA BARAT - All Rights Reserved
Proudly powered by Sany Corporation