Home » » PLN Jabar catat pendapatan Rp23 Triliun

PLN Jabar catat pendapatan Rp23 Triliun

Sindonews.com - PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten (DJBB) mencatat pertumbuhan jumlah pelanggan sekitar 6 persen di bandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan pelanggan di dominasi kawasan industri.

Deputi Manager Komunikasi PT PLN DJBB Adang Djarkasih mengatakan, sampai dengan triwulan III/2012 jumlah pelanggan PLN di Jawa Barat dan Banten mencapai 10.173.272 pelanggan. Tumbuh sekitar 6 persen dari periode yang sama tahun lalu dengan jumlah pelanggan sebanyak 9.579.193 pelanggan.

“Pengguna listrik di Jabar dan Banten bertambah 594.079 pelanggan. Jumlah ini melampaui target kami sampai tahun 2012, sekitar 550 ribu pelanggan,” kata Adang Djarkasih kepada wartawan di Bandung, Senin (15/10/2012).

Sampai akhir tahun 2012, pelanggan PLN diperkirakan akan terus bertambah, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di kawasan ini.

Menurut dia, partumbuhan pelanggan di Jabar dan Banten di dominasi pertumbuhan pelanggan rumah tangga. Segmen pelanggan ini bertambah 560.896 pelanggan. Sementara segmen lainnya yaitu pelanggan bisnis 21.516 pelanggan, pelanggan sosial 13.035 pelanggan, publik 4.330 pelanggan, dan Industri 611 pelanggan.

Dari sisi penyebaran, wilayah Bekasi menduduki posisi pertama pada pertambahan pelanggan PLN. Di wilayah tersebut, pelanggan PLN tumbuh 76.727 pelanggan, Bogor 60.077 pelanggan, dan Cirebon 47.744 pelanggan. Sementara sisanya, tersebar di beberapa daerah di Jawa Barat termasuk Bandung Raya.

“Pelanggan DJBB saat ini menguasai sekitar 20,9 persen dari total pelanggan nasional dengan jumlah 48.659.667,” jelas dia. Besarnya pelanggan PLN di Jabar, otomatis menaikkan pendapatan perusahaan. PT PLN mencatat, adanya peningkatan pendapatan dari sekitar Rp21,09 triliun pada September 2011 menjadi Rp23 triliun pada September 2012.

Ditegaskan Adang, tingkat kepatuhan pelanggan PLN di Jabar dan Banten juga mengalami peningkatan. Indikasinya, dari sekitar 10 juta pelanggan, sekitar 20 persen-nya merupakan pelanggan listrik prabayar. Yaitu pelanggan listrik yang menggunakan system voucher. System ini telah di aplikasikan PLN sejak beberapa tahun lalu.

Lebih lanjut Adang menjelaskan, pertumbuhan pelanggan PLN yang cukup menggembirakan tak lepas dari beberapa upaya kongkrit dalam memberi kemudahan bagi masyarakat. Di antaranya mempercepat layanan pasang baru dengan layanan PLN keliling di tempat-tempat strategis. Serta mempercepat proses supply chain pasang baru hingga rata rata waktu pemasangan 3-5 hari setelah calon pelanggan melunasi biaya penyambungan

“Kami pun mempermudah akses pelanggan yang ingin melakukam pemasangan baru. Yaitu melalui website dan call center 123,” pungkas dia. Selain upaya tersebut, PLN juga mengerahkan mobil layanan keliling. Melalui mobil layanan ini selain untuk menerima layanan PLN, juga terdapat layanan pendukung kelistrikan seperti instalasi dalam rumah oleh asosiasi intalatir listrik yg berada disekitar lokasi mobil keliling ini. 

Sumber :
http://ekbis.sindonews.com/read/2012/10/15/34/679865/pln-jabar-catat-pendapatan-rp23-t
Share this article :
 
© 2012. BPP AKBARINDO JAWA BARAT - All Rights Reserved
Proudly powered by Sany Corporation