Home » » PLN buka Tender EPC PLTA Jati Gede

PLN buka Tender EPC PLTA Jati Gede

Bisnis.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membuka tender rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (Engineering, Procurement, Construction/EPC) PLTA Jatigede berkapasitas 2x55 MW dengan nilai proyek sekitar US$200 juta.

Kepala Divisi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) PLN Mochamad Sofyan mengatakan tender EPC itu dibuka untuk kontraktor lokal dan asing.

“Ya, ini tender prekualifikasi EPC PLTA Jatigede 2x55 MW, dibuka untuk international competitive bidding [ICB],” ujar Sofyan ketika dihubungi Bisnis hari ini, Senin (8/10/2012).

Ada pun lingkup pekerjaan berupa gedung pembangkit (power house), berikut dengan saluran pembawa air (water ways), generator, turbin, dan bangunan penunjang lainnya. Sedangkan PLN bertugas membangun dan mengelola operasional PLTA Jatigede.

Sofyan mengatakan kontraktor EPC-nya bisa mendaftar sendiri, joint venture, atau dalam bentuk konsorsium dengan pihak lain. Sofyan berharap kontraktor lokal bisa ikut berpartisipasi, bisa menjadi main contractor atau bersama-sama dengan kontraktor asing.

“Ini juga tender model baru, tanpa jaminan pemerintah, jadi pendanaan langsung dari PLN,” ujarnya.

PLTA Jatigede berkapasitas 2x55 MW berlokasi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Proses tender yang dimulai hari ini diperkirakan berlangsung hingga awal 2013. Pekerjaan unit 1 pembangkit tersebut ditargetkan selesai dalam 46 bulan sementara yang unit 2 diperkirakan selesai dalam 48 bulan. “Kami perkirakan konstruksi mulai 2014 dan bisa selesai awal 2017,” tambah Sofyan.

Di sisi lain, Sofyan mengatakan PLN harus membebaskan lahan terlebih dahulu. Sementara itu, bendungannya sedang dalam tahap pengerjaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum. PLTA ini memiliki wilayah tangkapan air dari Sungai Cimanuk. Listrik yang dihasilkan PLTA Jatigede akan masuk ke dalam sistem transmisi 150 kV Jawa-Bali. (msb)
Share this article :
 
© 2012. BPP AKBARINDO JAWA BARAT - All Rights Reserved
Proudly powered by Sany Corporation